LONDON–(Antara/BUSINESS WIRE) — 210 merek dari 30 negara berhasil membawa pulang penghargaan “Brand of the Year” dari Ajang World Branding Awards seri ke-3 yang diselenggarakan di Kensington Place.
Apple, BMW, the British Council, Cartier, Coca-Cola, Facebook, Google, Lego, L’Oréal, Louis Vuitton, McDonald’s, Nescafé, Nike, Oral-B, Pampers, Rolex, Samsung, Starbucks, Schwarzkopf dan VISA keluar sebagai jajaran pemenang dunia.
Dari dalam negeri, Garuda Indonesia, Indomie, Indomilk, Indovision Digital, Pertamina, dan Telkomsel dinobatkan sebagai jajaran pemenang nasional dari Indonesia.
Jajaran pemenang nasional lain diantaranya meliputi ICBC (Tiongkok), Bang & Olufsen (Denmark), Hermès (Perancis), Nivea (Jerman), State Bank of India, Prada (Italia), Sukiya (Jepang), Maybank (Malaysia), Dulux (Belanda), Omantel (Oman), HBL (Pakistan), SM Supermalls (Filipina), Nando’s (Afrika Selatan), AmorePacific (Korea Selatan), Santander (Spanyol), Zurich (Swiss), King Power (Thailand), Dubai Duty Free (Uni Emirat Arab), dan Prudential (Inggris).
Sedangkan, jajaran pemenang regional terdiri dari Eu Yan Sang , Giordano, Lee Kum Kee, Mandarin Oriental dan Watsons dari Hong Kong; Indomie (Indonesia); Ajinomoto, Isetan, Kikkoman dan Uniqlo dari Japan; MTN dari Afrika Selatan; Zara (Spanyol); dan RAK Ceramics (Uni Emirat Arab).
Para pemenang melalui proses penilaian unik yang meliputi tiga tahapan: valuasi merek, riset pasar konsumen, dan pemungutan suara online. Tiap merek meraih gelar “Brand of the Year” pada masing-masing kategori. Tahun ini, para pemenang berhak membawa pulang piala berlapis emas 24 karat.
Ajang penghargaan ini diselenggarakan oleh World Branding Forum, lembaga nirlaba global yang didedikasikan terhadap peningkatan standar branding untuk memberikan manfaat baik kepada komunitas industri maupun kepada masyarakat.
Lembaga ini menggelar dan mensponsori beragam program pendidikan, dan bekerjasama dengan sejumlah universitas dan museum ternama. Forum ini pun rutin mempublikasikan berita-berita terkait branding di situs resminya dengan jumlah kunjungan mencapai lebih dari lima juta kunjungan dari seluruh dunia.
“Penghargaan ini didedikasikan sebagai bentuk apresiasi atas pencapaian berbagai merek hebat dari seluruh dunia. Mengingat 70 persen penilaian langsung berasal dari konsumen sendiri, terbukti, para merek pemenang berhasil meraih kepercayaan dari para konsumen mereka,” ujar Chairman World Branding Forum, Richard Rowles.
“Mengingat suksesnya kampanye yang telah kami lakukan, terjadi peningkatan drastis pada jumlah partisipan. Lebih dari 120.000 konsumen turut memberikan hak pilihnya untuk lebih dari 2800 merek dari 35 negara. Para pemenang telah membuktikan kalau mereka mampu menjadi yang terbaik dan paling inovatif dibandingkan para pesaingnya,” ungkap CEO World Branding Forum, Peter Pek.
Event ini dibawakan oleh David Croft dari Sky Sports. Untuk informasi lebih lanjut dan daftar pemenang selengkapnya, kunjungi awards.brandingforum.org.